Panduan Bisnis Online Terkini
Dapatkan Duit Jutaan Dari Rumah
Pasti ! Sudah saya rasakan buktinya
 
Pengin Punya Usaha Sendiri
Sarana Cerdas Investasi di internet
24 Jam Bekerja untuk Anda.
   
   

Minggu, 23 September 2007

FENOMENA BUNYI YG UNIK

Salah satu fenomena upaya manusia berbahasa adalah mencipta kata-kata untuk melukiskan bentuk suara atau bunyi. Dalam Ilmu Bahasa, formasi kata pelukis bunyi itu diberi nama yang cukup rumit membuat lidah berbelit yakni onomatope. Bunyi-bunyian pada hakikatnya universal, sama dan seragam di mana saja, kapan saja, namun keliru jika kita menduga bahwa onomatope juga sama dan seragam di mana dan kapan saja. Ternyata setiap bahasa memiliki tafsir saling beda terhadap bunyi yang sama. Maka bermunculan aneka ragam onomatope yang saling beda satu sama lain, meski berasal dari realita bunyi yang sama.

Suara anjing menyalak di Indonesia ditafsirkan sebagai 'huk-huk', yang memang agak mirip di Belanda yang 'wuf-wuf', namun jelas lain dari di Jerman yang 'waf-waf', atau di Norwegia 'vov-vov', di Spanyol 'guau-guau', di Prancis 'whou-whou', di Amerika Serikat 'bow-wow'. Masalah makin rumit, akibat jika kesakitan, suara anjing di Indonesia malah langsung berubah menjadi 'kaing-kaing'!

Suara bebek di Indonesia 'kwek-kwek', mirip di Inggris 'quack-quack', tetapi entah kenapa di Prancis bisa menjadi 'coin-coin'. Lebih kacau adalah onomatope suara ayam betina berkotek di Indonesia 'ko-kok-pe-tok', sementara di Italia 'ko-ko-day', dan di Skotlandia cukup: 'cluck-cluck'. Suara jago berkokok di Jawa Tengah 'ku-ku-ru-yuk', meski sebenarnya bertetangga namun di Jawa Barat langsung berubah menjadi 'kong-ke-ro-ngok', apalagi nun jauh di Inggris lain sama sekali: 'cock-a-doodle-doo', di Belanda 'ku-ke-le-ku', di Jerman 'ki-ke-ri-ki', selafal dengan di Italia 'chic-chi-ri-chi', padahal pada kenyataan bunyi ayam sebenarnya di mana saja sama!

Tidak ada suara ayam dialek Jerman, dialek Amerika, atau dialek Indonesia, apalagi Jateng atau Jabar, atau mana saja!

(Jaya Suprana)

Tidak ada komentar: